MONITORING DAN EVALUASI KE-2 PROGRAM HIBAH PENELITIAN KOLABORATIF KOMPETITIF

Blokagung – Sabtu (10/04/2021) Dosen Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi melaporkan progres penelitian hibah kolaboratif dengan mahasiswa kepada panitia program hibah penelitian kolaboratif. Tahun ini petama kalinya LPPM mengadakan program hibah penelitian kepada dosen yang berkolaborasi dengan mahasiswa yang sebelumnya hibah penelitian ini hanya ditujukan kepada mahasiswa.
Tim Monev (Monitoring dan Evaluasi) yang diketuai oleh ibu Nurul Inayah, SE., M.Si mengatakan bahwa “Progres report untuk yang kedua kali ini lebih terarah karena peserta penerima hibah penelitian kolaboratif sudah dikasih format penelitian yang harus dilaporkan, tetapi dari keempat kelompok penerima hibah penelitian kolaboratif belum ada yang melaporkan laporan keuangan 50 % yaitu sebesar Rp. 1.500.000., yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok saat monev pertama kali, sedangkan mereka dikasih waktu untuk mengerjakan laporan keuangan dalam satu minggu” tuturnya.
Ketua LPPM IAIDA H. M. Alaika Nasrulloh, M.Th.I. Menyampaikan Bahwasannya Program Hibah Penelitian Kolaboratif tahun ini dengan berbagai tema yang disepakati oleh panitia, penelitian ditujukan untuk pengembangan lembaga IAIDA, pengembangan Pesantren Darussalam, dan Pengembangan unit-unit di bawah Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi dengan tujuan hasil penelitian dapat memberikan saran dan feedback kepada pemangku kebijakan untuk kemajuan Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.  Sedangkan untuk rencana program hibah penelitian selanjutnya akan difokuskan untuk pengembangan Prodi (Program Studi) yang ada di lingkungan Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi yang terdapat 8 Prodi yaitu: Prodi Ekonomi Syariah (ESY), Prodi Perbankan Syariah (PSY), Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBIG), Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI).
Program Hibah Penelitian Kolaboratif LPPM IAIDA tahun 2020/2021 diikuti oleh 9 dosen dan 7 mahasiswa dari beberapa prodi, peserta hibah penelitian kolaboratif berjumlah 16 peserta dengan 4 judul penelitian, yaitu: (1) Nur Maya Badriyatuzzahra, M. Pd., Amirotun Nahdliyah, M.Pd.I., Jauharotut Tauhidiyah, Nurul Hidayati, dengan tema “PROGRAM PESANTREN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG-BANYUWANGI”. (2) Ginanjar Prastyanto, M.A., Hasyim Iskandar, M.Sos., Fatma Izzatun Nafi’ah, Ahmad Sudrajad, dengan tema “MEMBEDAH HASRAT MAHASISWA/I IAIDA DALAM BELAJAR DI RUANG PERKULIAHAN DAN FORUM TSAWIR”. (3) Anyes Lathifatul Insaniyah, M.Pd., Nur Hidayati, M.Pd., Ulva Nur Jannah, Diana novitasari, dengan tema “KONTRIBUSI BIAH ARABIYAH(LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB)DIPONDOK PESANTREN DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI”. (4) Ali Manshur M.Pd., Syafi’ Junadi M.Pd., M. Nur Fauzi S.HI., M.H., M. Budi Lestari, dengan tema “PENGARUH PENDEKATAN MULTIDISIPLIN, INTERDISIPLIN, DAN TRANSDISIPLIN KEILMUAN DALAM STUDI ISLAM TERHADAP KAJIAN KITAB KUNING MAHASISWA IAI DARUSSALAM BANYUWANGI”.
Kegiatan Monev dilakukan oleh panitia setiap sebulan sekali dengan tujuan untuk mengetahui progres penelitian peserta sampai sejauh mana, sehingga tim monev dapat memberikan masukan, saran dan juga rekomendasi untuk kemajuan penelitian. Tim Monev yang diketuai oleh Ibu Nurul Inayah, SE., M.Si., dengan anggota Bapak M. Ainun Najib, S.Pd., M.Ag dan Ibu Nawal Ika Susanti, S.Pd., M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *